RIP #3: About Vans California (CA)

Halo,
Terinspirasi mengulas Vans California.

Secara umum, untuk mebedakan ori dan fake, sob bisa cari di google artikelnya, atau di thread TSOV di halaman pertama, ada cara-cara yang bisa membuat sob lebih tahu tentang Vans, terutama cara membedakannya.

Kali ini akan mengulas secara filosofis atau awamnya dari segi nama line-up itu sendiri, Vans California.

The California Collection’s subtle design elements and unique material choices connect a rich heritage of modernism with the spirit of Americana craftsmanship and artistry. Traces of vintage surf and skate inform a collection character that is perceptive to the aesthetics of subculture throughout. From the bohemian movement forged by the early beat poets of the 50s and the folksingers of the 60s and 70s to the street and tattoo artists driving popular art today, progressive styles from the hearts of Los Angeles and San Francisco find a new idiosyncratic expressiveness that is personal, inspired, and unpretentious. Relying on the spoils of an extensive design archive, attention to detail and sophisticated materializations complement the creative panache that is the particular mark of this assortment. Each style is a rendition of a singular voice that reverberates with the desire for longevity and the lure of the unexplored.

Dari artikel yang saya kutip dari website Vans, line-up California menyajikan sebuah sepatu dengan perpaduan modernism yang tetap membawa sebuah kultur Americana yang didalamnya kaya akan history craftmanship dan dedikasi terhadap nilai estetis sebuah benda buatan tangan manusia.

vans_california_era_45_ca_tortoise_03

Vans California series dibuat dengan material pilihan, gak sembarangan sob. Teknik penyajian Vans pada series ini sangat hati-hati, sepatu di desain agar terlihat lebih slick atau kelimis dan terlihat lebih rapih daripada seri classic yang memang menyajikan kultur awal Vans.

vans-california-2012-summer-authentic-decon-ca-pack-6

Perlu sob perhatikan bahwa dalam segi tampilan, mata sob semua harus lebih jeli dalam memperhatikan setiap aspek fabrikasi yang menempel pada sepatu, mulai dari jahitan yang harus sama sekali rapih dan teratur. Setiap benang yang dijahit pada sepatu mempunyai nilai estetis dan perpaduan warna yang cukup apik, tidak sembarangan para desainer Vans memberikan warna jahitan untuk seri ini.

Menginjak pada material sepatu. Vans memberikan material yang lebih baik daripada seri classic, tidak ada rasa kasar, tangguh, atau skate banget dalam series ini. Walaupun terkadang beberapa line up memang terlihat sangar, tapi kalau diperhatikan secara seksama, material atau bahan yang digunakan pada sepatu justru terlihat lebih mild, soft, dan berbeda dengan seri classic. Sebutlah bahan canvas, yang terkadang beberapa orang menganggapnya sama saja dan tidak ada bedanya. Eitsssss…… coba amati penggunaan bahan canvas pada seri California, akan terlihat berbeda, baik itu dari finishing warna, ketebalan material, juga tampilan yang disajikan pada keseluruhan sepatu ini.

Get It?
Tenang, belum beres, ada hal lain lagi.

Kemudian menginjak pada bagian inner lining atau bagian dalam sepatu. karena ini berkaitan dengan gaya hidup para Californian, maka bagian dalam pun harus serupa dengan bagian luar, walaupun jujur, kocak aja bagian dalam koq harus mewah ya? atau koq harus rapih ya?

vans-california-59-era-1

Ini menginjak unsur kenyamanan yang akan sob dapatkan ketika memakai Vans California. Insole yang digunakan berbahan ortholite, sebuah teknologi yang berkolaborasi dengan Vans. Teknologi insole ini akan membuat insole yang terus kita injak karena dikenakan tahan terhadap bau yang diakibatkan oleh bakteri yang tumbuh karena kaki yang berkeringat. KOQ BISA? Silahkan cari jawaban sob sendiri di google untuk melakukan sedikit riset teknologi Ortholite ini.

Kalau sob dedel tuh insole, pasti berwarna hijau aslinya pada foam/busanya-nya. Dan fabric/kain pelapis insole pun akan rapih juga cetakan huruf signature “Vans California”-nya itu gak meleber, tapi pas, rapih, dan cantik terlihatnya. Ingat! yang desain dan produksi sample orang yang punya ilmu lebih dalam fabrikasi sepatu lho, jadi gak boleh dan gak mungkin asal, xixixi…

vans-california-2012-fall-winter-birds-authentic-ca-pack-5

d sThen… semua pola jahitan dalam sepatu pun dibuat cukup rapih, gak ngasal karena tidak terlihat dari luar. Dalam beberapa kesempatan pasti menggunakan material tambahan yang mendukung kenyamanan kaki. Walaupun itu adalah seri Authentic yang super simple, inner-lining harus rapih seklimis rambut pak presiden.

Oia, dusnya warna coklat dengan tulisan Vans California juga sticker kode produk yang sesuai dengan dalamannya tentunya. Dannnn…… yang sob punya harus sesuai dengan rilisan resmi Vans, except sample yang punya tulisan sample pada bagian dalam sepatu.

The California Collection is a refined take on our Classics product with a twist to keep it modern. We wanted to make product for someone who grew up in Vans and is looking for a shoe that looks more grown up. Every season we develop prints, colors, and materials that allows our team the freedom to experiment with product that is classic.

– Jon Warren-

Senior Creative Director of Vans Lifestyle Footwear

author: TesaYohan

Advertisements
This entry was published on September 21, 2013 at 9:54 PM. It’s filed under Review in Plot (RIP) and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: